Cara Screenshot Samsung: Tips dan Trik untuk Pengguna Android

Hello Sobat FDS, apakah kamu sedang mencari cara screenshot Samsung yang mudah dan praktis?

Samsung adalah salah satu merek smartphone yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Dalam penggunaannya, seringkali kita memerlukan fitur screenshot untuk berbagai keperluan, seperti mengabadikan momen penting atau membagikan informasi dengan teman-teman.Namun, tak semua pengguna Samsung tahu cara mengambil screenshot dengan benar. Ada yang masih bingung dengan kombinasi tombol yang harus ditekan atau tidak mengetahui fitur screenshot sama sekali.Maka dari itu, dalam artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara screenshot Samsung, mulai dari seri Galaxy S, A, Note, hingga Tab. Yuk, simak tips dan trik berikut ini!

Cara Screenshot Samsung Galaxy S Series

Samsung Galaxy S Series merupakan seri smartphone premium yang memiliki pengguna yang cukup banyak. Berikut adalah cara mengambil screenshot di beberapa model Galaxy S Series:

1. Samsung Galaxy S21/S21+/S21 Ultra

Untuk mengambil screenshot di Samsung Galaxy S21/S21+/S21 Ultra, kamu dapat menggunakan salah satu dari dua cara berikut:- Tekan dan tahan tombol power dan volume bawah secara bersamaan selama beberapa detik hingga layar berkedip.- Aktifkan fitur Palm Swipe to Capture di pengaturan, lalu gesekkan telapak tangan dari kiri ke kanan atau sebaliknya di atas layar.

2. Samsung Galaxy S20/S20+/S20 Ultra

Cara screenshot Samsung Galaxy S20/S20+/S20 Ultra sama dengan S21, yaitu dengan menekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan. Namun, kamu juga dapat menggunakan fitur Palm Swipe to Capture seperti pada S21.

3. Samsung Galaxy S10/S10+/S10e

Untuk mengambil screenshot di Samsung Galaxy S10/S10+/S10e, kamu bisa menggunakan salah satu dari dua opsi berikut:- Tekan dan tahan tombol power dan volume bawah secara bersamaan selama beberapa detik hingga layar berkedip.- Aktifkan fitur Palm Swipe to Capture di pengaturan, lalu gesekkan telapak tangan dari kiri ke kanan atau sebaliknya di atas layar.

4. Samsung Galaxy S9/S9+/Note 9

Cara screenshot Samsung Galaxy S9/S9+/Note 9 juga sama dengan S10, yaitu dengan menekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan atau menggunakan fitur Palm Swipe to Capture.

Cara Screenshot Samsung Galaxy A Series

Samsung Galaxy A Series merupakan seri smartphone yang lebih terjangkau dibandingkan dengan Galaxy S Series. Namun, cara mengambil screenshot di Galaxy A Series tidak jauh berbeda dengan cara di Galaxy S Series. Berikut adalah panduan lengkapnya:

1. Samsung Galaxy A52/A52s/A72

Untuk mengambil screenshot di Samsung Galaxy A52/A52s/A72, kamu bisa menggunakan salah satu dari dua opsi berikut:- Tekan dan tahan tombol power dan volume bawah secara bersamaan selama beberapa detik hingga layar berkedip.- Aktifkan fitur Palm Swipe to Capture di pengaturan, lalu gesekkan telapak tangan dari kiri ke kanan atau sebaliknya di atas layar.

2. Samsung Galaxy A51/A71

Cara screenshot Samsung Galaxy A51/A71 sama dengan A52/A52s/A72, yaitu dengan menekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan atau menggunakan fitur Palm Swipe to Capture.

3. Samsung Galaxy A50/A30s/A20s

Untuk mengambil screenshot di Samsung Galaxy A50/A30s/A20s, kamu bisa menekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan atau menggunakan fitur Palm Swipe to Capture.

Cara Screenshot Samsung Galaxy Note

Samsung Galaxy Note adalah seri smartphone andalan yang dilengkapi dengan stylus S Pen. Bagi pengguna Galaxy Note, berikut adalah cara mengambil screenshot di beberapa model:

1. Samsung Galaxy Note 20/Note 20 Ultra

Untuk mengambil screenshot di Samsung Galaxy Note 20/Note 20 Ultra, kamu bisa menekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan atau menggunakan stylus S Pen. Untuk menggunakan S Pen, keluarkan stylus dari perangkat, lalu pilih opsi Screenshot pada menu Air Command.

2. Samsung Galaxy Note 10/Note 10+/Note 10 Lite

Cara screenshot Samsung Galaxy Note 10/Note 10+/Note 10 Lite sama dengan Note 20, yaitu dengan menekan tombol power dan volume bawah atau menggunakan stylus S Pen.

Cara Screenshot Samsung Galaxy Tab

Samsung Galaxy Tab adalah tablet Android yang memiliki berbagai fitur unggulan, termasuk fitur screenshot. Berikut adalah panduan lengkap cara screenshot Samsung Galaxy Tab:

1. Samsung Galaxy Tab S7/S7+

Untuk mengambil screenshot di Samsung Galaxy Tab S7/S7+, kamu bisa menggunakan salah satu dari dua opsi berikut:- Tekan dan tahan tombol power dan volume bawah secara bersamaan selama beberapa detik hingga layar berkedip.- Aktifkan fitur Palm Swipe to Capture di pengaturan, lalu gesekkan telapak tangan dari kiri ke kanan atau sebaliknya di atas layar.

2. Samsung Galaxy Tab S6/S5e

Cara screenshot Samsung Galaxy Tab S6/S5e juga sama dengan S7, yaitu dengan menekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan atau menggunakan fitur Palm Swipe to Capture.

3. Samsung Galaxy Tab A 10.1/8.0

Untuk mengambil screenshot di Samsung Galaxy Tab A 10.1/8.0, kamu bisa menekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan atau menggunakan fitur Palm Swipe to Capture.

FAQ

1. Apakah ada fitur screenshot di semua smartphone Samsung?

Ya, fitur screenshot tersedia di semua smartphone Samsung, termasuk seri Galaxy S, A, Note, dan Tab.

2. Bagaimana jika tombol power atau volume rusak?

Jika tombol power atau volume rusak, kamu bisa mencoba fitur Palm Swipe to Capture atau menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil screenshot.

3. Apakah screenshot akan menyimpan suara saat merekam video?

Tidak, screenshot hanya mengambil gambar dari layar, bukan merekam suara atau video.

4. Apakah screenshot bisa diedit setelah diambil?

Ya, setelah mengambil screenshot, kamu bisa mengedit gambar tersebut menggunakan aplikasi editor foto atau gambar bawaan dari Samsung.

5. Apakah screenshot memerlukan koneksi internet?

Tidak, mengambil screenshot tidak memerlukan koneksi internet.

6. Apakah screenshot mempengaruhi kinerja smartphone?

Tidak, mengambil screenshot tidak berpengaruh pada kinerja smartphone.

7. Apakah screenshot bisa disimpan di cloud atau penyimpanan online lainnya?

Ya, kamu bisa menyimpan screenshot di cloud atau penyimpanan online lainnya seperti Google Drive, Dropbox, atau OneDrive.

Kesimpulan

Itulah panduan lengkap tentang cara screenshot Samsung untuk berbagai seri smartphone dan tablet Android. Dengan mengetahui cara yang tepat, kamu bisa dengan mudah mengambil screenshot di Samsung dan menggunakannya untuk berbagai keperluan.Jangan lupa, jika kamu memiliki pertanyaan atau masalah terkait cara screenshot Samsung, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui kolom komentar di bawah. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Cara Screenshot Samsung: Tips dan Trik untuk Pengguna Android

Tinggalkan komentar